PENCARIAN

Jumat, 20 Januari 2012

ARTHUR IRAWAN, PEMAIN INDONESIA PERTAMA YANG BERMAIN DI LA LIGA


Belakangan ini nama Arthur Irawan makin tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia. Arthur dikontrak selama empat musim bersama RCD Espanyol, klub liga Spanyol yang pada saat ini menempati 10 besar klasemen La Liga Spanyol. Espanyol yang menemukan bakat Indonesia ini di klub liga Amatir Inggris Lytham Town. Espanyol sendiri tidak menyadari bahwa perekrutan tersebut berdampak euforia di kalangan para pecinta sepakbola di indonesia. Pemain ini benar-benar tidak patah semangat, walaupun dirinya tidak dilirik oleh pelatih Alferd Riedl  saat menjalani seleksi pemain Timnas U-23 pada SEA Games 2011.

Beginilah kisah awal mula seorang Arthur yang dapat bermain di klub papan atas Eropa tersebut. Setelah tamat sekolah, pemain kelahiran Surabaya 3 Maret 1993 ini melanjutkan study ke Manchester, Inggris. Di sanalah Arthur mulai menekuni sepakbola dan sempat berlatih pada klub Manchester United.  Setelah itu ia mencoba peruntungannya dengan kembali ke tanah air pada usia 17 tahun untuk mengikuti seleksi Timnas U-23 yang ditangani Riedl namun bakatnya tidak dilirik, ia tidak kecewa, lalu ia kembali ke Inggris untuk meneruskan pendidikannya dalam bidang ekonomi & bisnis disana Arthur Irawan sempat pernah bergabung tim SAD Indonesia bersama Syamsir Alam dkk untuk dikirim Uruguay di bawah pelatih Cesar Payovic, hanya saja Arthur tidak diperbolehkan oleh kedua orang tuanya untuk pergi ke Uruguay dan lebih menganjurkan untuk melanjutkan studi di Inggris. Ia juga tetap mengasah skill sepak bolanya di Inggrisdengan bergabung bersama Lytham Town. Lalu setahun kemudian ia ditemukan pemandu bakat Espanyol dan jadilah seperti sekarang.

Mengetahui euforia masyarakat Indonesia sangat besar dengan perekrutan yang dilakukan Espanyol, beberapa situs Indonesia ditampilkan dalam pemberitaan Espanyol. Tak hanya itu Espanyol juga memajang galeri foto Arthur Irawan saat penandatangan kontrak maupun ketika berlatih. Arthur menjadi pemain pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang dikontrak klub peserta Liga Spanyol. Arthur tentu saja menjadi harapan Timnas Indonesia di masa depan. Namun Ia masih bergabung bersama Tim Junior Espanyol untuk beradaptasi, lalu bila ia menunjukkan grafik menanjak dan cocok bermain di La Liga, setahun dari perekrutannya ia akan dijanjikan bermain bersama Tim utama nantinya. Kita semua berharap ia dapat berusaha keras di sana untuk menembus Tim utama dan bersaing di Tim utama Espanyol, dan dapat membanggakan Bangsa Indonesia

Biodata Arthur Irawan
Nama                   : Arthur Irawan
Tanggal Kelahiran : Surabaya 3 Maret 1993
Sekolah                 : Jakarta International School
Karier Sepakbola Arthur Irawan :
- Lytham Town
- Espanyol

Tidak ada komentar: