PENCARIAN

Kamis, 21 April 2011

LEE HENDRIE, DARI LIGA PRIMER KE LIGA PRIMER

Kepindahan Lee Hendrie atau yang bernama lengkap Andrew Lee Hendrie ke Bandung FC, tidak terduga. Pemain Inggris yang lahir 18 Mei 1977 adalah seorang mantan pemain Inggris (caps 1(0)) yang namanya sempat terkenal di tahun 2000-an ini melalui klub yang dibelanya, Aston Villa. Bersama Aston Villa (1995-2007) yang merupakan 1 dari 20 klub Liga Primer Inggris, Ia sudah menymbangkan 27 gol dan 251 penampilan. Lee Hendrie sendiri menjadi salah satu ikon Aston Villa pada saat itu.

Lee Hendrie menjadi pemain eks Liga Primer Inggris pertama yang merumput di Indonesia. Ia ditransfer dari Bradford City (Legue One(div.IV Inggris))  ke Bandung FC klub Liga Primer Indonesia untuk kontrak selama dua tahun. Kabarnya juga gaji yang diterima Hendrie adalah yang paling tertinggi sepanjang sejarah sepakbola Indonesia! (tidak disebutkan). Dia mengenakan jersey no 10 di klub barunya tersebut.


Tentang kepindahannya ke salah satu klub sepakbola Indonesia, Hendrie pun memberikan komentarnya, "Tak masalah buat saya soal sepakbola di sini. Orang-orang di sini bersahabat, jadinya saya merasa disambut dengan baik oleh masyarakat di sini. Saya berpikir bisa menularkan segudang pengalaman yang saya dapatkan untuk bermain di sini dan membuat kompetisi ini lebih baik.”. “Saya bangga untuk memiliki kesempatan bermain ini (di Indonesia),” tambahnya. Oya, dia ngomongnya dalam bahasa Inggris lho, he said "I am proud to have the opportunity," yang di atas tadi omongannya telah diterjemahkan.

Sebagai pemain dengan segudang pengalaman, Hendrie tentunya akan membagi pengalamannya tersebut kepada pemain-pemain Indonesia. Dengan kehadirannya di Indonesia, diharapkan ia dapat menjadi penyemangat dan pembangkit untuk persepakbolaan Indonesia sendiri.

Dengan Namanya yang telah mendunia di persepakbolaan Eropa tentunya kepindahan ini akan menjadi ajang pembuktian persepakbolaan Indonesia ke ranah Eropa. Siapa tau nantinya akan ada pemain Indonesia yang ditransfer dari Liga Primer ke Liga Primer (Dari Indonesia ke Inggris ya) atau dari Liga lainnya. Apabila hal ini terjadi tentunya akan membangkitkan semangat pemain lainnya untuk berkarya dengan baik di luar negri dan mengharumkan nama bangsa, seperti halnya kepindahan Park Ji-Sung (Korea Selatan) ke ranah Eropa (khusunya saat ke MU) yang memacu pemain Asia lainnya untuk dapat bermain di Eropa.


Walau demikian, performa nya selama tampil di LPI belum begitu baik, terbukti dengan klub Bandung FC yang masih sulit untuk naik ke klasemen atas. Namun kita semua mengharap ia dapat beradaptasi dengan cepat dan menunjukkan performa gemilang lagi seperti saat ia membela Aston Villa.

Tidak ada komentar: