PENCARIAN

Kamis, 30 Desember 2010

AFF FINAL: INDONESIA KALAH AGREGAT 2-4, JADI RUNNER UP

Malaysia juara AFF Suzuki Cup 2010
Malaysia keluar sebagai juara Piala AFF 2010, sedangkan Indonesia harus puas menjadi Runner up Piala AFF kali ini. Kalah tipis 1-2 dari Indonesia, skor tersebut lebih dari cukup bagi Malaysia untuk merebut Piala AFF dengan agregat 2-4 untuk keunggulam Malaysia, Malaysia pun keluar sebagai Juara baru Piala AFF karena baru pertama kali menjadi juara di kawasan Asia Tenggara ini. Sedangkan bagi Indonesia kekalahan ini menjadikan Indonesia menjadi spesialis Runner up dalam Piala AFF, setelah menjadi Juara ke 2 selama 4 gelaran Piala ini, tahun 2000, 2002, 2004,dan 2010. (Kayak Timnas Belanda ya, apa gara gara bekas jajahannya mungkin --")

Pertandingan 1, Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Malaysia 3-0 Indonesia. 

Indonesia mengalami kekalahan 0-3 melawan tuan rumah Malaysia di partai final pertama AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu.

Berawal di babak ke 2, Kesalahan Maman menjaga lini pertahanan dimanfaatkan dengan baik lewat satu tendangan M Safee berubah keadaan menjadi 1-0 untuk tuan rumah di menit 61. Selang enam menit kemudian, Malaysia kembali menekan, satu tendangan oleh Mohammad Ashari menggetarkan gawang Indonesia. Kedudukan menjadi 2-0 untuk tuan rumah. Malaysia kembali memperbesar gol lewat kaki M Saffe di menit 73. Skor menjadi 3-0.
Pada pertandingan final ini sempat terjadi mogok pertandingan beberapa menit karena ada teror sinar laser oleh penonton tuan rumah.

Pertandingan ke 2. Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia. Indonesia 2-1 Malaysia.

Di babak pertama, Indonesia lebih dulu mendapatkan kesempatan emas melalui tendangan penalti. Sayang tendangan Kapten Firman Utina yang lemah mampu diantisipasi oleh kiper Malaysia, yang memang tampil baik sepanjang laga.

Di babak ke 2 menit 54, Malaysia malah mampu unggul 1-0, berkat gol Mohd Safee yang memang tampil baik biarpun jarang mendapat bola karena Malaysia harus bermain defensif. Dalam sebuah serangan balik, Safee berhasil menguasai sebuah umpan terobosan dan menggiringnya melewati dua Maman dan Hamka sebelum melepaskan tendangan keras dari tengah kotak penalti, yang mendesak jaring dalam gawang Markus Horison.

Perubahan itu perlahan menaikkan kualitas permainan Indonesia, sampai akhirnya bisa menyamakan kedudukan berkat gol Muhammad Nasuha pada menit ke-73. Memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Ahmad Bustomi yang ditepis, Khairul Fahmi, Muhammad Nasuha, membobol gawang Malaysia pada menit ke-73. Gol itu mendongkrak kepercayaan diri Indonesia walau agak terlambat. Mereka terus berusaha mencetak gol di waktu tersisa. Setelah berjuang hingga menit ke-85, Indonesia berhasil mengungguli Malaysia berkat tembakan Muhammad Ridwan.

Indonesia mampu tampil dominan di kandang sendiri. Walau begitu, penyelesaian akhir yang terlihat terburu-buru dan grogi sering kali membuyarkan peluang Indonesia. Tapi banyak yang bangga atas prestasi Timnas Indonesia menjadi Runner-up Piala AFF 2010.

Tidak ada komentar: