PENCARIAN

Kamis, 12 Agustus 2010

PALUNG MARIANA DAN KEHIDUPANNYA

Palung laut (jurang pada dasar laut) yang terdalam tak lain adalah palung Mariana. Palung Mariana adalah suatu tempat yang terletak di dasar barat laut samudera pasifik tepatnya sebelah timur kepulauan Mariana di 11’ 21′ Utara latitude dan 142’ 12′ Timur longitude, dekat dengan Filipina dan Jepang. Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger, menggunakan gema suara.

Palung ini adalah palung yang paling dalam didunia yang lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. Kedalaman palung ini mencapai 11,034 meter (36,201 kaki) di bawah permukaan laut dengan panjang palung mencapai 2550 Km (1580 mil). Jika gunung Everest dengan ketinggian 8.848 meter berada di dasar palung tersebut, maka puncak Everest masih berada 2.076 meter di bawah permukaan laut. Atau jika kita terjun bebas kedalamnya, kita membutuhkan waktu 5 jam untuk mencapai dasarnya.

Tekanan air didalam palung Mariana 1000 kali lipat dibanding dengan tekanan udara di mana tempat kita hidup sekarang ini. Namun hal itu bukan berarti di dalam palung Mariana tak ada kehidupan, di dalamnya juga ditemukan beberapa jenis ikan dengan bentuk gepeng, plankton, dan beberapa udang kecil. Mungkin di dalam sana seperti kehidupan bawah laut yang mencekam..

Awalnya, dianggap hanya dihuni oleh spesies primitif, namun penemuan belakangan ini menunjukkan bahwa di dalam laut terdalam terdapat banyak spesies yang bahkan belum bisa diidentifikasi. Beberapa merupakan makhluk yang ukurannya kecil, namun mereka bisa bertahan dalam kondisi lingkungan yang paling ekstrim.

Tidak ada komentar: