PENCARIAN

Rabu, 11 Agustus 2010

BUAH KURMA

Buah kurma, siapa yang tidak kenal buah ini? Buah kurma berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera) yang banyak ditanam di Timur tengah. Walau belum jelas, diperkirakan pohon kurma berasal di oasis padang pasir di Afrika utara, dan dapat juga di Asia barat daya. Pohonnya berukuran sedang, tingginya sekitar 15-25 meter, seringkali tumbuh bergerombol dengan beberapa batang pohon yang muncul dari satu akar yang sama, namun bisa juga tumbuh sendiri-sendiri. Bentuk pohon kurma juga amat mirip dengan pohon palm.
 Buah kurma selain menjadi santapan ideal pembuka puasa yang rasanya sangat manis, ternyata di-hadits-kan juga oleh rasullullah.

Salah satu Hadits Nabi Muhammad SAW:
"Rumah yang tidak ada kurma di dalamnya, akan menyebabkan penghuninya kurang sehat".

Ternyata hadits yang disampaikan oleh rasullullah itu memang ada benarnya. Karena setelah diteliti, buah kurma ternyata mempunyai berbagai khasiat seperti melancarkan saluran kencing, memudahkan ibu untuk melahirkan, dsb. Kurma adalah termasuk kebutuhan pangan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Arab sebagai makanan pokok, oleh karena itu kurma termasuk bahan makanan untuk zakat fitrah.

Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW:.
“ Kategori makanan yang termasuk zakat itu ada empat macam, tepung gandum, terigu, kismis, dan kurma kering”

Jadi mengapa tak membiasakan diri untuk makan kurma? Selain enak, sehat, juga sekaligus berzakat.

Tidak ada komentar: